Minggu, 31 Mei 2009

PR RATING

POSTED ON JULI 14TH ,2008 IN UMUM,ARTIKEL OLEH GPINCOM TAGGED PR RATING
PR RATING adalah sebuah metode untuk membandingkan kesetaraan prosesor buatan AMD dengan prosesor buatan intel .prosesor yang di maksud adalah golonan prosesor *86 .istilah PR RATING dimunculkan secara terang-terangan oleh AMD K5 . misalnya,prosesor AMD K5 PR75 yang berkecepatan 75MHz.pada prosesor ini tertera tuisan PR 75,artinya,prosesor tersebut setara dengan prosesor Pentium 75 produksi intel yang juga berkecepatan 75 MHz .Contoh lainnya adalah prosesor AMD K5 PR120 yang berkecepatan 90 MHz .pada prosesor ini tertera tulisan PR120 ,Artinya prosesor tersebut setara dengan prosesor Pentium 120 (berkecepatan 120) produksi intel ,walaupun prosesor K5 PR120 tadi aslinya berkecepatan 90 MHz.

Sistem PR rating tersebut dikembangkan oleh AMD pada pertengahan tahun 1990.patut di catat bahwa perusahaan intel adalah rival (pesaing) perusahaan AMD dalam hal produksi dan perebutan (pengruh) pasar golongan prosesor x86.
PR rating pertama kali digunakan pada tahun 1996.Pada saat itu ,AMD menggunakan PR rating pertama kali digunakan pada tahun 1990.AMD menggunakan PR rating ini karena ingin menunjukkan bahwa prosesor AMD 5x86 setara kecepatannya dengan prosesor Pentium 75 buatan intel . bahkan ,untuk menunjukkan pernyataan tersebut ,kemudian AMD sengaja melabelkan Tanda PR75 pada chip (prosesor) produksinya.
Istilah PR,sebenarnya mengacu pada pengertian PERFORMANCE RATING .namun ,tidak sedikit masyarakat yang memiliki pemikiran yang salah ,mereka mengartikan PR sebagai Pentium rating karena istilah PR tersebut oleh AMD sering digunakan untuk mengukur dan membandingkan prosesor produksinya dengan prosesor Pentium produksi perusahaan intel.
Pada tahun yang sama ,perusahaan pembuat prosesor yang lain,yaitu Cyrix ikut mengabdosi istilah tersebut (system PR rating) untuk mengukur dan membandingkan prosesor produksinya (6x86 dan 6x86MX) dengan prosesor buatan intel.proseor buatan Cyrix tersebut di katana memiliki kamampuan yang lebih bagus.kinerja (operasional) menggunakan OM Microsoft Windows,berjalan lebih cepat dibandingkan prosesor Pentium pada clok speed yang sama .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar