Senin, 27 April 2009

Memperbarui lisensi Avira Antivir Personal Free Edition

Bagi Pengguna Antivirus Avira Antivir Personal (Free Edition/ Classic Edition), beberapa hari terakhir ini meskipun sudah di update, mungkin mendapatkan keterangan bahwa antivirus tersebut hanya berlaku (valid) sampai 30/11/2008. Ditandai dengan icon peringatan (warning) yang berwarna kuning.


Silahkan diperiksa periode lisensinya. Meskipun versi gratis (free edition), tetapi tetap ada masa berlakunya, yang biasanya kurang dari 1 tahun. Kemudian apa efeknya dan bagaimana mengatasi masalah lisensi ini?




Jika lisensi sudah habis, maka antivirus tidak dapat diupdate lagi, meskipun masih bisa berjalan. Ada dua cara untuk memperpanjang lisensi yang sudah atau hampir habis masanya ( jika dengan update biasa tidak bisa mengupdate lisensinya ) :

1. Update Online

Jika komputer terhubung dengan internet, maka update bisa dilakukan langsung secara online dengan memilih Product Update ( menu Update > Start Product update … ) tanpa perlu menginstall ulang.



Hal ini biasanya akan memperbarui lisensi Avira Free Edition yang digunakan. Tetapi karena versi gratis, proses update biasanya agak lama.

2. Install ulang dengan Master avira terbaru

Ini cara yang paling aman dan lebih mudah, yaitu dengan meng-uninstall avira yang ada di komputer kemudian di install ulang dari master avira terbaru. Master avira terbaru dirilis sekitar tanggal 23 Oktober 2008. Jadi jika mempunyai master yang didapatkan (download) sebelum tanggal itu, maka kemungkinan lisensinya hanya sampai 30 November 2008 (tidak lama). Untuk versi baru ini maka masa berlaku akan sampai 01/07/2009 ( 1 Juli 2009).



Versi terbaru adalah Avira AntiVir Personal - Free Antivirus 8.2.0.334. Setelah selesai di install, jangan lupa mengupdate secara rutin/berkala. Saat ini update avira berukuran hanya sekitar 18 MB, berbeda dengan sebelumnya yang mencapai 26 MB. Hal ini karena adanya program versi baru tesebut.

Download Avira Free Edition, bisa di dapatkan di beberapa link berikut :

http://dlce.antivir.com/down/windows/antivir_workstation_winu_en_h.exe
Avira Free di softpedia.com
Avira Free di download.com
Mengapa Gratis kok ada masa berlakunya ?

Seperti telah disebutkan diatas, sepertinya hal ini untuk menjaga atau menjamin bahwa aplikasi bisa senantiasa di tingkatkan/perbaiki kualitasnya. Update biasa tidak sepenuhnya bisa menampung perbaikan dan tambahan fitur yang ada, sehingga begitu ada perbaikan atau peningkatan fitur di berbagai elemen, maka salah satu caranya dengan memperbarui produk ( install dengan versi terbaru ) (ebsoft.web.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar